Sunday, April 24, 2016


KBRI Tashkent kembali memperkenalkan seni dan budaya Indonesia kepada khalayak setempat.

KBRI Tashkent berpartisipasi dalam Festival of Fine and Applied Art yang digelar di gedung Academy of Art of Uzbekistan, Tashkent (18-22/4).


Sesuai tema yang diusung panitia, KBRI tampilkan khazanah budaya melalui busana daerah tradisional, batik beragam jenis, serta display wayang dan topeng sebagai karya seni bernilai tinggi. Tak ketinggalan pula alat musik angklung dan gamelan menghiasi stand KBRI. Pengunjung stand berkesempatan melihat dari dekat sekaligus memainkan langsung angklung dan gamelan yang dipajang. Ketertarikan pengunjung setempat terbukti dari permintaan Academy of Art agar KBRI terus memboyong kedua alat musik dimaksud dalam setiap acara yang dilaksanakan sekolah seni terbesar di seantero Uzbekistan tersebut.

Dubes RI Tashkent, Alit Santhika, secara langsung memberikan penjelasan kepada pengunjung stand tentang setiap materi yang ditampilkan. Tak hanya itu, Dubes juga turun langsung memperagakan cara memainkan angklung dan gamelan yang menarik pengunjung. Salah satu stasiun TV lokal juga melakukan wawancara sekaligus meliput display stand KBRI

Festival of Fine and Applied Art merupakan perhelatan tahunan yang menampilkan karya-karya seniman lokal Uzbekistan, sekaligus kesempatan bagi perwakilan asing di Uzbekistan menampilkan kekayaan budaya-nya. Untuk itu, melalui event ini, diharapkan publik tidak hanya mengetahui karya seni setempat tapi juga karya seni luar Uzbekistan. KBRI akan terus memanfaatkan event serupa agar semakin banyak warga setempat yang mengenal karya seni budaya Indonesia. (Sumber: KBRI Tashkent)

No comments:

Post a Comment